Selasa, 02 Mei 2017

Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Tenggorokan


Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Tenggorokan
Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Tenggorokan. Sakit tenggorokan bisa menjadi tanda awal pilek, efek samping dari pita suara yang tegang, atau indikasi adanya sesuatu yang lebih serius (seperti radang tenggorokan).

Terlepas dari penyebabnya, kekhawatiran Anda segera saat serangan rasa sakit adalah bagaimana mendapatkan bantuan, cepat. Anda mungkin tergoda untuk lari ke dokter Anda, tapi beberapa perawatan terbaik adalah pengobatan di rumah dan obat bebas, kata Jeffrey Linder, M.D., seorang internis di Brigham and Women's Hospital, di Boston.

Berikut adalah mengatasi rasa gatal, serak, atau sekadar sakit pada tenggorokan

Anti-inflamasi
Salah satu perawatan yang paling efektif untuk sakit tenggorokan mungkin sudah ada di lemari obat Anda: obat antiinflamasi non-steroid, anti peradangan (NSAID), seperti Advil atau Aleve.

"Obat-obatan ini adalah kombinasi penghilang rasa sakit dan anti-inflamasi, jadi mereka akan membuat Anda merasa lebih baik dan mereka juga akan mengurangi beberapa pembengkakan yang berhubungan dengan sakit tenggorokan," kata Dr. Linder. "Jika Anda menderita demam yang juga berkontribusi terhadap gejala Anda, mereka juga dapat membantu menguranginya."

Kumur air asin
Beberapa penelitian telah menemukan bahwa berkumur beberapa kali sehari dengan air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan di tenggorokan dan melonggarkan lendir, membantu menghalau iritasi atau bakteri.

Dokter umumnya merekomendasikan melarutkan setengah sendok teh garam dalam satu cangkir air. Jika rasa asin terlalu tidak enak untuk Anda, coba tambahkan sedikit madu untuk mempermanis campuran sedikit. (Ingatlah untuk meludahkan air setelah berkumur, daripada menelan!)

Lozenges dan semprotan
Mengisap tetes batuk merangsang produksi air liur, yang bisa membantu menjaga agar tenggorokan tetap lembab. Tapi banyak varietas tidak lebih efektif daripada permen keras, kata Dr. Linder. Untuk manfaat tambahan, pilihlah merek dengan bahan pendingin atau numbing, seperti mentol atau eucalyptus.

Semprotan over-the-counter seperti Chloraseptic menghasilkan efek yang mirip dengan pendinginan pendinginan. Mereka tidak akan menyembuhkan sakit tenggorokan Anda atau membantu Anda melawan flu yang mendasarinya, tapi bisa membantu menumpulkan rasa sakit untuk sementara. Bahan aktif Chloraseptic, phenol, adalah antiseptik lokal yang juga memiliki sifat antibakteri, Dr. Linder mengatakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar